Cara Bayar Pajak Bea Cukai Impor dari Aliexpress

Riswan

Cara Bayar Pajak Bea Cukai Impor dari Aliexpress

Cara Bayar Pajak Bea Cukai – Bayar pajak bea cukai barang impor dari Aliexpress ataupun Alibaba bisa dibilang mudah, tapi bagi Anda yang pertama kali impor dari Aliexpress mungkin sedikit kebingungan bagaimana cara membayar pajaknya.

Sesuai kebijakan pemerintah Indonesia terbaru, Ambang batas harga kena pajak adalah 3 USD. Tadinya ambang batas barang impor kena pajak yaitu 75 USD, turunnya jauh banget ya guys 😕.

Jenis pajak yang dibebankan yaitu tarif pajak impor sebesar 17,5 persen yang terdiri atas bea masuk 7,5 persen dan Pajak Pertambahan Nilai ( PPN) 10 persen dan Pajak Penghasilan (PPh) 0 persen, ditambah biaya administrasi pajak.

Lalu bagaimana sih cara bayar pajak impor dari Aliexpress atau markteplace lainnya? Sebelum ke poin tersebut, Anda perlu menyiapkan no resi atau AWB paket Anda, yang nantinya digunakan untuk mendapatkan no billing atau nomor tagihan pajak.

Cara Mendapatkan No Tagihan Bea Cukai

Yang pertama siapkan no resi atau no AWB, contoh no resi punya saya yang menggunakan Aliexpress Standard Shipping LP17764xxxxSG.

Kunjungi halaman berikut ini https://www.beacukai.go.id/barangkiriman, lalu masukan no resi milik Anda, jangan lupa masukan kode keamanan lalu klik submit. Apabili no resi benar maka akan muncul informasi pengiriman, informasi pajak yang harus dibayarkan serta no tagihan pajak bea cukai.

Cara bayar pajak bea cukai

Kode Billing adalah kode pembayaran yang nantinya digunakan untuk membayar pajak bea cukai, kemudian total tagihan adalah total pajak yang perlu dibayarkan. Perlu diingat, kode billing akan muncul setelah paket Anda masuk ke Indonesia, tepatnya setelah selesai dari tahap pemeriksaan cukai.

BACA JUGA  Jendela untuk Bakat Baru: Cafe sebagai Panggung bagi Musisi Lokal

Jadi apabila paket baru dikirimkan oleh penjual, atau paket masih diperjalanan luar negeri maka nomor tagihan bea cuaki belum bisa dilihat.

Cara Membayar Bea Cukai Aliexpress

Setlah mendapatkan no penagihan be cukai, sekarang Anda dapat membayarnya. Banyak cara untuk membayar pajak Bea Cukai, seperti melalui bank, kantor pos, internet banking ataupun melalui e-commerce, agar lebih jelas akan saya jelaskan satu persatu.

1. Cara Bayar Bea Cukai di Kantor Pos

Selain dapat melakukan pembayaran pajak pendapatan negara di Kantor Pos, Anda juga dapat membayar tagihan oajak bea cukai melalui kantor pos terdekat. Caranya cukup bilang kepada counter ingin membayar bea cukai serta infokan no tagihan bea cukai ataupun cukup infokan no resi.

Cara ini cukup mudah mengingan kantor pos sudah tersebar di berbagai kota dan daerah dan metode pembayaran tunai alternatif bagi Anda yang belum mempunyai rekening bank.

2. Cara Bayar Bea Cukai Melalui Bank

Selanjutnya yaitu membayar pajak bea cuaki Aliexpress atau Alibaba melalui bank. Anda dappat menggunakan fasilitas Internet Banking BCA Bisnis untuk membayar bea cukai. Tidak punya internet banking bisnis? Jangan khawatir Anda juga dapat membayar di bank kantor cabang seperti BCA atau BNI.

3. Bayar Tagihan Bea Cukai di Tokopedia

Yang terakhir bayar melalui Tokopedia, caranya gampang banget. Pertama buka aplikasi Tokopedia, kemudia ke menu Penerimaan Negara, Anda dapat mencarinya menggunakan kolom pencarian. Kemudian pilih Bea Cukai lalu masukan kode biling pada kolom yang disediakan. Jangan khawatir Anda tidak akan dikenakan biaya administrasi dari Tokopedia.

Bayar Bea Cukai di Tokopedia
Bayar Bea Cukai Aliexpress di Tokopedia

Oh ya jangan lupa untuk menyimpan bukti pembayaran pajak tersebut, bila mana kedepannya pihak cukai menanyakan bukti pembayaran, Anda dapat menggunakannya.

BACA JUGA  Rekomendasi Face Wash Pria untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Penutup

Setelah pajak bea cukai dibayarkan, maka paket Anda akan diserahkan ke Kantor Pos untuk dikirimkan ke alamat Anda. Artinya jiga pajak belum dibayar juga, maka paket akan ditahan di kepabeanan. Untuk membayar bea cukai cukup mudah, yang penting Anda sudah memiliki nomor tagihan.

Bagi saya pribadi lebih memilih membayar bea cukai melalui aplikasi Tokopedia, selain dapat dilakukan di rumah, metode pembayarannya cukup beragam dan tidak dikenakan biaya administrasi tambahan.

 

Bagikan:

Riswan

Seorang Blogger, serta pengembang digital yang aktif sejak tahun 2017. Kiprahnya menghasilkan penghargaan dan prestasi di berbagai bidang.

82 pemikiran pada “Cara Bayar Pajak Bea Cukai Impor dari Aliexpress”

  1. Mas, mau nanya. Jika beli gadget dari aliexpress, setelah bayar pajak, sudah dipastikan kah kalau IMEI gadget tersebut juga sudah diregistrasikan oleh pihak beacukai ?

    Balas
  2. Mau tanya ka, saya suda mencoba transaksi
    Yang saya tanyakan ,untuk pembayaran beacukai dan pajak itu langsung saya bayar langsung atau menunggu barang berangkat?

    Balas
  3. mikum, mo tanya nih bost qyu, maklum new by dalam hal belanja online, via aliexpres antar negara. to point nya, saya ada niatan mau beli barang seperti wakazashi sword from japanese, untuk harga nya di bandrol Id: 1,165,187./dalam rupiah. kira-kira untuk pajak bea cukai nya di kenakan berapah ya mas bost,.
    mohon jawaban nya.. trim’s.

    Balas
  4. Katanya di bongkar dulu ya di kantor POS ?
    parah sih kalo rusak males banget retur sekali ngirim 1-3 bulan baru sampe.

    Gw order status finished tp barang ga sampe2 ke rumah. Males ke kantor pos jauh… jadi kesel dg aturan baru ini. minta refund aja dah … salahin aturan baru

    2018 saya beli pen tablet dari aliexpres ga ribet kyk gini langsung sampe rumah.
    tau gitu sy beli di toped aja dah meski lebih mahal 300rb.

    Balas
  5. misal barang yang saya beli sudah sampai di indonesia namun saya belum bayar pajaknya nah apakah barangnya akan ditahan di kantor bea cukai atau tetap langsung dikirimkan kurir beserta struk pajaknya?

    Balas
  6. Bea cukai suka ngambil kesempatan, masa belanja baju utk dipakai pribadi dikenai pajak pasal 22 impor yg setelah saya baca adalah tambahan pajak utk perusahaan 😡😡😡

    Balas
  7. Mad deni riswana maaf mau bertanya, bila sudah bayar pajak melalui toped,
    apakah menunggu paket dikirim ke alamat penerima ataukah harus mengambil sendiri ke kantor pos indonesia pusat yang di cikini? bukannya pos indonesia wajib mengantar ke alamat penerima?

    Balas
    • Tiap kantor pos punya kebijakan yg berbeda, ada yg diantar ada yng harus ambil sendiri. Jadi bisa ditunggu sambil cek resi secara berkala. Apabila tidak diantar juga, bisa datang ke kantor pos bersangkutan. Oh ya, jangan lupa untuk perlihatkan bukti pembayaran di tokped nya. Have a nice day!

      Balas
  8. Maaf kak, mau nanya. Kalau belanja barangnya di aliexpress tablet drawing dengan harga sekitar 56 usd, kira-kira pajak yang harus dibayar berapa ya? Terimakasih sebelumnya kak 🙂

    Balas
  9. Kak boleh nanya? Kalau belanjanya sekitar 60usd nanti pajak yang harus dibayarkan kira-kira sebesar apa ya kk? Soalnya belum pernah belanja dari luar dan takut banget pajaknya lebih besar dari harga barang. Makasih sebelumnya kak

    Balas
  10. Ah, mau nanya lagi kak. Kalau seandainya barang itu adalah hasil giveaway dari luar dan shipping free, Apakah kita masih bayar pajaknya? Dan bagaimana kita membayar pajaknya jika pihak penyelengara giveaway hanya meminta alamat saja.

    Balas
    • Barang impor dari luar negeri termasuk hadiah/giveaway tetap terkena pajak bea masuk apabila value lebih dari $3. Nanti pihak cukai akan estimasi valuenya kak. Bila tidak setuju dengan nominal pajaknya nanti bisa ajukan banding ke bea cukai bersangkutan

      Balas
      • Ijin bertanya, kalau statusnya arrived at linehaul office posisi paket saya aoakah sdh diIndonesia atau bgmn Om Deni? Saya cb cet tagihan tp hasilnya data tidak ditemukan, cb cek pakai aplikasi Poss ajj keterangannya jg sama. Mohon infonya Om Deni, terima kasis sebelumnya.

        Balas
  11. Halo saya ingin bertanya, saya beli barang di aliexpress dengan total 330 ribu dan saat paket datang saya membayar pajak 115 ribu.
    Kalau yang saya baca dari penjelasan di atas seharusnya total pajak hanya 17,5% ya? Kenapa saya sampai 30% begitu yaa. Setelah saya cek di website bea cukai, saya kena PPH, seharusnya itu tidak dibebankan kan? Mohon pencerahannya kak. Makasihh

    Balas
    • Yg ini menarik, mengenai PPh. Mgkn sdr Deni Riswana bisa membantu menjawabnya.
      Jd setahu sy, yg kena PPh adalah nilai impor lebih dari 1500USD. Tp sy tdk tahu dgn kebijakan sekarang (PPh Pasal 22 yg berlaku 1 April 2022), apakah semua brg impor yg termasuk dalam cakupan pasal tersebut dgn nominal berapapun akan terkena PPh?

      Balas
  12. Dari pengalaman sy, selaian bea masuk, PPn impor dan administrasi pos, ada lagi tambahan biaya handling sebesar Rp10.000 dan PPn 11% atas Administrasi Pos dan Sewa gudang.

    Balas
  13. Maaf mas mau tanya ini saya dapet sms katanya mohon segera melakukan pelunasan biaya pajak & lainnya, saya udah dapet kode billingnya, semisal ga saya bayar nih barangnya tetep bakal dianterin kan ya jadi bayar pajaknya kaya sistim cod? terus sempet baca juga katanya barang dibawah 50$ gakena pajak tapi ini ko tetep ada ya walaupun 13rb sih

    Balas
    • Kebijakan terbaru barang dengan value di atas $3 akan dikenakan pajak. Tiap pos beda kebijakannya, ada yang dikirim setelah bayar pajak atau ada yang tetep dikirim walau belum bayar

      Balas
  14. kalo misalkan saya beli barang harga aslinya 100$ tapi saya menggunakan voucher nah harganya jadi 0.1$, kira- kira pajak yang dibayar berapa ya? oh ya jenis barangnya perhiasan

    Balas
  15. Saya membeli tali jam tangan / strap di aliexpress seharga Rp 42.425 kurs dollar saat ini Rp 15.650/USD artinya kurang dari $3, tetapi dikenakan pajak sebesar Rp.18.550 artinya lebih 17.5%, bagaimana cara banding nya?

    Balas
  16. bang kalo tulisannya gini “SPPBMCP TELAH DILUNASI, PENERIMA BARANG SILAHKAN KONFIRMASI KE PENYELENGGARA POS/PERUSAHAAN JASA PENGIRIMAN” gimana ya? apa harus kontak ke kantor pos? atau ditunggu saja update selanjutnya?

    Balas
  17. Ikut bagiin pengalaman..

    Beli keyboard d aliekspress..
    Harga 2,4jt.. awalnya kurang paham…
    Pas checkout jatuh2 harganya jadi 2,7jt (ad tambahan ongkir)
    Udh checkout.. eh besoknya.. summer sale.. ad diskon dan free ongkir..
    Minta order d cancel dan reorder..
    Suksess
    Reorder jadi 2,1jt aja..
    Sya minta toko tempel price harga d luar paketnya.. mempermudah saat pembayaran pajak nanti
    (Please put price order infront of the package.. this for tax service at border)
    Jawaban dari toko.. baik.. kita akan cantumkan harga 15$ untuk mu (sure.. we will put 15$ at the package)

    Menunggu…
    Dan benar aja barang sampai di beacukai tercantum 15$
    Dan pajak kena 44.000
    Setelah bayar pajak ternyata harga 44.000 belum final..
    Masih harus bayar biaya layanan dll ke pos indonesia 46.650

    Balas

Tinggalkan komentar