Cara Bayar Pajak Bea Cukai Impor dari Aliexpress

Cara Bayar Pajak Bea Cukai – Bayar pajak bea cukai barang impor dari Aliexpress ataupun Alibaba bisa dibilang mudah, tapi bagi Anda yang pertama kali impor dari Aliexpress mungkin sedikit kebingungan bagaimana cara membayar pajaknya.

Sesuai kebijakan pemerintah Indonesia terbaru, Ambang batas harga kena pajak adalah 3 USD. Tadinya ambang batas barang impor kena pajak yaitu 75 USD, turunnya jauh banget ya guys 😕.

Jenis pajak yang dibebankan yaitu tarif pajak impor sebesar 17,5 persen yang terdiri atas bea masuk 7,5 persen dan Pajak Pertambahan Nilai ( PPN) 10 persen dan Pajak Penghasilan (PPh) 0 persen, ditambah biaya administrasi pajak.

Lalu bagaimana sih cara bayar pajak impor dari Aliexpress atau markteplace lainnya? Sebelum ke poin tersebut, Anda perlu menyiapkan no resi atau AWB paket Anda, yang nantinya digunakan untuk mendapatkan no billing atau nomor tagihan pajak.

Cara Mendapatkan No Tagihan Bea Cukai

Yang pertama siapkan no resi atau no AWB, contoh no resi punya saya yang menggunakan Aliexpress Standard Shipping LP17764xxxxSG.

Kunjungi halaman berikut ini https://www.beacukai.go.id/barangkiriman, lalu masukan no resi milik Anda, jangan lupa masukan kode keamanan lalu klik submit. Apabili no resi benar maka akan muncul informasi pengiriman, informasi pajak yang harus dibayarkan serta no tagihan pajak bea cukai.

Cara bayar pajak bea cukai

Kode Billing adalah kode pembayaran yang nantinya digunakan untuk membayar pajak bea cukai, kemudian total tagihan adalah total pajak yang perlu dibayarkan. Perlu diingat, kode billing akan muncul setelah paket Anda masuk ke Indonesia, tepatnya setelah selesai dari tahap pemeriksaan cukai.

Jadi apabila paket baru dikirimkan oleh penjual, atau paket masih diperjalanan luar negeri maka nomor tagihan bea cuaki belum bisa dilihat.

Cara Membayar Bea Cukai Aliexpress

Setlah mendapatkan no penagihan be cukai, sekarang Anda dapat membayarnya. Banyak cara untuk membayar pajak Bea Cukai, seperti melalui bank, kantor pos, internet banking ataupun melalui e-commerce, agar lebih jelas akan saya jelaskan satu persatu.

1. Cara Bayar Bea Cukai di Kantor Pos

Selain dapat melakukan pembayaran pajak pendapatan negara di Kantor Pos, Anda juga dapat membayar tagihan oajak bea cukai melalui kantor pos terdekat. Caranya cukup bilang kepada counter ingin membayar bea cukai serta infokan no tagihan bea cukai ataupun cukup infokan no resi.

Cara ini cukup mudah mengingan kantor pos sudah tersebar di berbagai kota dan daerah dan metode pembayaran tunai alternatif bagi Anda yang belum mempunyai rekening bank.

2. Cara Bayar Bea Cukai Melalui Bank

Selanjutnya yaitu membayar pajak bea cuaki Aliexpress atau Alibaba melalui bank. Anda dappat menggunakan fasilitas Internet Banking BCA Bisnis untuk membayar bea cukai. Tidak punya internet banking bisnis? Jangan khawatir Anda juga dapat membayar di bank kantor cabang seperti BCA atau BNI.

3. Bayar Tagihan Bea Cukai di Tokopedia

Yang terakhir bayar melalui Tokopedia, caranya gampang banget. Pertama buka aplikasi Tokopedia, kemudia ke menu Penerimaan Negara, Anda dapat mencarinya menggunakan kolom pencarian. Kemudian pilih Bea Cukai lalu masukan kode biling pada kolom yang disediakan. Jangan khawatir Anda tidak akan dikenakan biaya administrasi dari Tokopedia.

Bayar Bea Cukai di Tokopedia
Bayar Bea Cukai Aliexpress di Tokopedia

Oh ya jangan lupa untuk menyimpan bukti pembayaran pajak tersebut, bila mana kedepannya pihak cukai menanyakan bukti pembayaran, Anda dapat menggunakannya.

Penutup

Setelah pajak bea cukai dibayarkan, maka paket Anda akan diserahkan ke Kantor Pos untuk dikirimkan ke alamat Anda. Artinya jiga pajak belum dibayar juga, maka paket akan ditahan di kepabeanan. Untuk membayar bea cukai cukup mudah, yang penting Anda sudah memiliki nomor tagihan.

Bagi saya pribadi lebih memilih membayar bea cukai melalui aplikasi Tokopedia, selain dapat dilakukan di rumah, metode pembayarannya cukup beragam dan tidak dikenakan biaya administrasi tambahan.

 

Tinggalkan komentar