30+ Istilah dalam Crypto Terlengkap 2023

Riswan

Istilah dalam Crypto Terlengkap 2023

30+ Istilah dalam Crypto Terlengkap 2023 – Kamu mungkin sering mendengar istilah-istilah terkait crypto dalam aktivitasmu sehari-hari, baik itu saat kamu sedang scroll media sosial, membaca berita crypto, atau dalam situasi lainnya

Istilah-istilah yang digunakan dalam mata uang digital harus benar-benar dipelajari, terutama oleh individu yang baru memasuki dunia perdagangan atau investasi. Karena, ini memiliki pentingnya yang besar dalam memahami cara kerja teknologi blockchain serta aktivitas jual beli mata uang digital.

Namun, tidak hanya itu, pemahaman tentang istilah-istilah ini dalam aktivitas perdagangan juga akan sangat membantu kamu untuk bisa berkomunikasi dengan para pedagang lainnya. Coba bayangkan, jika kamu tidak memahami tentang istilah-istilah di dunia mata uang kripto, pasti akan sulit sekali untuk bisa mengikuti pembicaraan, bukan?

Istilah-istiah Pada Crypto

Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena di artikel ini saya akan memberikan penjelasan mengenai berbagai istilah dalam mata uang digital yang sangat penting untuk kamu tahu. Jadi, mari kita simak lebih lanjut di bawah ini.

1. Cryptocurrency

Cryptocurrency adalah mata uang digital yang menggunakan teknologi enkripsi untuk mengamankan transaksi dan mengontrol penciptaan unit-unit baru.

Berbeda dengan mata uang konvensional, cryptocurrency beroperasi dalam jaringan terdesentralisasi yang disebut blockchain.

2. Blockchain

Blockchain adalah teknologi yang mendasari cryptocurrency. Ini adalah buku besar digital yang terdistribusi secara desentralisasi dan mencatat semua transaksi cryptocurrency yang dilakukan di jaringan.

3. Bitcoin

Bitcoin adalah cryptocurrency pertama yang diluncurkan pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto dan yang paling dikenal. Bitcoin juga memiliki kapitalisasi pasar terbesar dan menggunakan teknologi blockchain untuk mengamankan transaksi dan menghindari penggandaan uang.

BACA JUGA  ID Referensi Tokocrypto

4. Mining

Proses validasi transaksi cryptocurrency menggunakan kekuatan komputasi. Para “penambang” memecahkan teka-teki kompleks untuk memvalidasi transaksi dan memperoleh imbalan.

5. Limit Order

Limit Order adalah jenis pesanan di mana kamu dapat menetapkan harga spesifik untuk membeli atau menjual aset kripto. Ketika kamu ingin memasuki pasar dengan limit order, kamu menentukan harga yang diinginkan. Jika harga pasar mencapai atau lebih rendah dari harga yang kamu tentukan, pesanan akan dieksekusi.

Daftar Istilah dalam Crypto Lainnya

Masih banyak istilah lainnya di dalam crypto yang terdengar seperti familiar dalam bahasa inggris, hanya saja memiliki makna berbeda dalam penggunaannya. Berikut adalah daftar istilah kripto untuk trader pemula yang harus kamu tahu.

  1. Altcoin adalah jenis mata uang digital selain Bitcoin, yang memperkaya variasi dalam pasar kripto.
  2. Bagholder adalah istilah yang digunakan saat seorang investor mengalami kerugian karena memiliki saham yang buruk atau tidak menguntungkan.
  3. Pump and Dump adalah strategi di mana para investor sengaja meningkatkan harga suatu aset kripto secara cepat (pump) dan kemudian menjualnya dengan cepat (dump) untuk mendapatkan keuntungan.
  4. Satoshi/Sats adalah satuan terkecil dari Bitcoin, yang memungkinkan pengukuran yang sangat kecil dari nilai Bitcoin.
  5. HODL adalah akronim dari “Hold On for Dear Life,” yang merupakan strategi menyimpan atau mempertahankan aset kripto dalam situasi volatilitas pasar.
  6. DEX adalah singkatan dari Decentralized Exchange atau pertukaran terdesentralisasi, tempat pengguna dapat menukar aset kripto secara langsung.
  7. Rekt adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan seorang pemain kripto yang mengalami kerugian besar atau kesialan dalam investasinya.
  8. Mining adalah aktivitas menambang aset kripto, di mana komputer digunakan untuk memvalidasi transaksi dan mendapatkan imbalan.
  9. No Coiner adalah sebutan bagi orang yang tidak memiliki aset kripto sama sekali.
  10. Software Wallet adalah jenis dompet digital di mana investor dapat menyimpan mata uang kripto mereka secara aman.
  11. Moon atau To the moon adalah ungkapan yang digunakan ketika harga aset kripto sedang mengalami kenaikan yang signifikan.
  12. Cryptosis adalah istilah yang menggambarkan antusiasme yang sangat tinggi terhadap aset kripto.
  13. FUD adalah singkatan dari “Fear, Uncertainty, and Doubt,” yang merujuk pada strategi penyebaran informasi negatif untuk menurunkan harga koin kripto.
  14. Staking adalah aktivitas di mana seseorang memvalidasi transaksi dalam jaringan kripto dan mendapatkan pemasukan pasif sebagai imbalan.
  15. FOMO adalah singkatan dari “Fear of Missing Out,” yang merujuk pada ketakutan seseorang untuk melewatkan peluang dalam pasar kripto.
  16. Whale adalah istilah untuk menyebut pedagang atau trader dalam pasar kripto yang memiliki banyak aset.
  17. DApps adalah singkatan dari “Decentralized Applications,” yang merujuk pada aplikasi terdesentralisasi yang berjalan di atas sistem komputer terdistribusi.
  18. Scalping adalah strategi trading yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dengan melakukan transaksi dalam waktu singkat.
  19. Bearish dan Bullish adalah istilah yang menggambarkan pasar ketika harga koin stagnan dan mengalami penurunan (bearish) atau kenaikan (bullish).
  20. Liquid adalah situasi di mana koin dapat dikonversi menjadi uang tunai lain tanpa menyebabkan gangguan pada harga.
  21. Borrowing Rate adalah posisi leveraged di mana seorang trader meminjam aset untuk meningkatkan potensi keuntungan.
  22. Lending rate adalah rekening pinjaman di mana seseorang menyetor koin untuk dipinjamkan kepada trader lain.
  23. DeFi adalah singkatan dari “Decentralized Finance,” yang mengacu pada sistem keuangan terdesentralisasi yang berjalan di atas teknologi blockchain.
  24. Private Key adalah kunci yang digunakan untuk mengakses dan mengontrol dompet kripto di mana koin disimpan.
  25. Public Key adalah kunci yang digunakan untuk menerima koin kripto dari pengirim.
  26. NFT adalah singkatan dari “Non-Fungible Token,” yang merujuk pada aset digital yang memiliki kepemilikan unik dan terverifikasi dalam sistem blockchain.
  27. Snapshot adalah metode untuk mengusulkan dan memutuskan perubahan dalam protokol kripto dengan menggunakan kripto yang dimiliki oleh pemegangnya.
  28. Koreksi adalah situasi ketika harga koin mengalami penurunan menuju tingkat stabil tertentu setelah periode kenaikan.
  29. Mint adalah proses mengubah file digital menjadi koleksi kripto atau aset digital dalam blockchain.
  30. Fork adalah perubahan dalam protokol blockchain yang menghasilkan versi baru dari blockchain yang ada.
  31. Smart contract adalah program otomatis yang menjalankan dan memverifikasi transaksi pada blockchain ketika kondisi yang ditetapkan terpenuhi.
BACA JUGA  Bittime Exchange Aset Kripto Aman, Mudah dan Terpercaya Registrasi dan Raih Cuan

Nah, jadi begitulah sekumpulan istilah yang terkait cryptocurrency yang sebaiknya kamu kenali jika memang ingin ikut masuk dan merasakan sensasi dunia kripto.

Memahami kumpulan istilah kripto yang tadi disebutkan akan memberikanmu wawasan yang lebih jauh tentang jenis investasisat ini, sehingga kamu akan lebih siap untuk mengelola dan mengisi dompet kripto-mu.

Bagikan:

Riswan

Seorang Blogger, serta pengembang digital yang aktif sejak tahun 2017. Kiprahnya menghasilkan penghargaan dan prestasi di berbagai bidang.

Tinggalkan komentar