Cara Menutup Rekening Jenius

Cara Menutup Rekening Jenius – Setelah sekitar 4 (empat) tahun menjadi pengguna aktif rekening jenius, akhirnya saya memutuskan untuk menutup rekening saya. Tentu ada beberapa alasan sehingga saya berhenti menggunakan jenius, mungkin akan saya jelaskan di akhir konten.

Jenius sendiri merupakan pelopor bank digital di Indonesia, merupakan produk dari BTPN (Bank Tabungan Pensiun Indonesia) dan diluncurkan pada 11 Agustus 2016. Sebagai pelopor bank digital, tentu Jenius memiliki banyak peminat apalagi pada saat itu banyak sekali layanan digital seperti netflix, spotify dan lainnya yang mensyaratkan kartu debit online sebagai metode pembayaran, sehingga banyak orang tertarik membuka rekening jenius.

Tetapi saat ini layanan perbankan yang mengusung konsep digital juga tidak hanya Jenius, bank digital kian bermunculan yang bahkan memiliki penawaran lebih menarik seperti TWRP by UOB dan PermataMe, sehingga tidak heran lagi apabila banyak orang yang mulai berpindah.

Langkah Menutup Rekening Jenius

Terdapat dua cara untuk menutup rekening Jenius, diantaranya mendatangi kantor cabang BTPN terdekat, dan yang kedua menelpon call center BTPN di 1500365. Namun di sini saya lebih memilih menelepon CS, karena lebih simpel dan tidak perlu keluar rumah. Nah berikut ini langkah-langkah penutupan rekening:

Tarik Semua Saldo Sebelum Menutup Rekening

Sebelum melakukan penutupan akun, pastikan kamu mengosongkan rekening baik dengan cara tarik tunai ataupun transfer ke bank lain. Pastikan juga tidak ada tagihan berjalan di akun, seperti halnya tagihan flexi cash.

Sediakan Pulsa untuk Menelepon Call Center

Tentunya hal yang perlu disiapkan sebelum menelpon call center adalah pulsa, pastikan pulsa kamu mencukupi. Dari beberapa artikelyang saya dapatkan dikenakan tarif pulsa sebesar Rp 24.000, kamu bisa mempersiapkan pulsa Rp 30.000 untuk jaga-jaga, in case nelponnya lebih lama dari yang diperkirakan, takutnya panggilan terputus ditengah-tengah percakapan.

Untuk kamu yang menggunakan kartu pascabayar seperti saya mungkin akan lebih leluasa tanpa takut kehabisan pulsa di tengah panggilan, tapi tetep harus pastiin kalo limit kredit kartu kamu mencukupi.

Mempersiapkan Berkas dan Informasi Pendukung

Untuk menutup rekening Jenisu, CS akan melakukan verifikasi data terlebih dahulu. Jadi sebelum telpon kamu perlu siapkan data diri seperti KTP dan informasi pendukung lainnya seperti dibawah ini:

  1. Alasan menutup rekening
  2. No rekening Jenius
  3. Nama sesuai KTP
  4. Alamat domisili sesuai KTP
  5. Nama Ibu Kandung
  6. Alamat email dan no HP yang terhubung di akun Jenius
  7. Alamat koresponden/pengiriman yang terdaftar di aplikasi Jenius
  8. No NPWP apabila upload NPWP di akun kamu
  9. Transaksi terakhir yang dilakukan beserta nominalnya
  10. Transaksi yang sering dilakukan dalam 3 (tiga) bulan terakhir

Apabila semua data dan informasi berhasil diverifikasi, maka CS akan segera membuat laporan dan penutupan akun akan segera diproses.

Proses Penutupan Rekening

Setelah kamu selesai menelpon call center, penutupan rekening akan diproses dalam waktu 1×24 jam. Untuk memastikan apakah sudah ditutup, kamu bisa mencoba login ke aplikasi. Apabila sudah tidak bisa login maka rekening Jenius kamu sudah berhasil ditutup. Berikut email dari jenius setelah proses penutupan selesai.

Email Rekening Jenius Berhasil Ditutup

Alasan Berhenti Menggunakan Jenius

Apa uang menjadi alasan saya menutup rekening jenius? Mungkin ini lebih ke pengalam dan opni pribadi, jadi kamu tentunya gak harus setuju yaa sobb!

Pertama, fitur andalan saya dari jenius yaitu cards-nya, yang biasanya saya gunakan untuk berlangganan iCloud, Spotify dan Netflix. Karena berhubung saya sudah mempunyai kartu kredit dari Permata Bank, jadinya saya alihkan semua billing payment ke Permata, supaya pengeluaran lebih terorganisir.

Kedua, adanya feesible menjadi alasan saya menutup rekekning jenius. Sebenarnya pada awalnya feesible sebesar Rp 10.000 per bulan yang diberlakukan mulai awal tahun 2021 ini tidak terlalu mengganggu walaupun memang sedikit overprice, pasalnya saya mempunyai tabungan di Jenius yang bunganya saya bayarkan Feesible. Tapi dikarenakan baru-baru ini saya memindahkan semua tabungan Jenius ke Power Saver punyanya TMRW by UOB karena lebih worth-it juga tidak ada biaya bulanan, jadinya bila dipikir kembali feesible ini cukup mengganggu buat saya, bila ada yang gratis kenapa tydackk! hehe

Ketiga, Kurang nyaman dengan UX (user experience) dari aplikasi jenius, ntah saya saja atau kamu juga punya pengalaman yang sama, aplikasi Jenius seringkala mengalami gangguan dan pemuatan data yang lambat, tampilannya bagus kekinian tapi sering loading lama, saya malah lebih nyaman aplikasi BCA mobile, terlihat kaslik tapi simpel, responsif dan firendly. (kasus di device iPhone 12 Pro Max, jaringan Telkomsel dan Biznet)

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Question: Apakah penutupan rekening Jenius dikenakan biaya?
Answer: Penutupan rekening tidak dikenakan biaya sama sekali

Question: Apakah bisa tutup rekening di kantor cabang?
Answer: Ya tentu bisa, pastikan membawa dokumen KTP dan ATM Jenius

Question: Bila ada tunggakan biaya admin feesible, apakah harus dibayarkan terlebih dahulu?
Answer: Ya, semua tunggakan baik itu feesible atau Jenius Flexicash harus dibayar lunas sebelum bisa menutup rekening Jenius

Penutup

Nah demikianlah langkah-langkah bagaimana cara menutup rekening Jenius dan beberapa alasan kenapa saya berhenti menggunakan Jenius yang didasarkan opini dan pengalaman pribadi. Bila punya pengalaman serupa atau berbeda kamu bisa tuliskan di kolom komentar!! Have a nice day

 

2 pemikiran pada “Cara Menutup Rekening Jenius”

  1. emang bener sihh, feesible Jenius ngeselin bangett. Jadinya terpaksa tutup rekening Jenius. Skr gw nyaman pake BCA Digital xixi

    Balas

Tinggalkan komentar