Pengalaman Tarik Tunai BCA di ATM Malaysia

Tarik Tunai BCA di ATM Malaysia – Liburan di luar negeri memang seru sekali apalagi sambil belanja oleh-oleh dan kulineran sepuasnya, sampai sampai tidak sadar kalau uang di dompet sudah menipis. Bila Anda kehabisan uang cash waktu di luar negeri jangan khawatir.

Selain dapat menukar uang rupiah ke money changer, Anda juga bisa melakukan tarik tunai di ATM terdekat di negara Anda berlibur. Lah emang bisa tarik tunai ATM di luar negeri? Jawabannya bisa banget, di sini saya akan berbagi sedikit pengalaman tarik tunai BCA di ATM Malaysia, simak yukk.

Apakah Bisa Tarik Tunai BCA di ATM Luar Negeri?

Seperti yang saya sebutkan di atas, jawabannya bisa banget. Tapi tentu tidak semua jenis ATM bisa digunakan untuk tarik tunai di luar negeri, biasanya hanya kartu ATM berlogo Visa atau Mastercard yang bisa digunakan. Kebetulan kartu BCA yang saya gunakan berlogo MasterCard.

Jadi intinya kartu debit yang berlogo Visa, Mastercard bisa digunakan untuk tarik tunai di ATM manapun termasuk di luar negeri, asalkan mesin ATM nya juga support kartu Visa/Mastercard. Dan beberapa ATM juga bisa digunakan untuk ATM berlogo jaringan PRIMA, tidak harus visa atau mastercard.

Cara Tarik Tunai di Malaysia Menggunakan ATM BCA

Cara tarik tunai nya bagaimna ya? Saya dapat pertanyaan ini dari temen-temen saya yang hendak pergi ke Malaysia. Jawabannya sama dengan tarik tunai di ATM di Indonesia, hanya saja menggunakan bahasa inggris.

Baca Juga: BCA KOR MCD DECLINE FEE DECL

Caranya tinggal masukkan kartu ke mesin, kemudian masukkan PIN. Setelah itu pilih menu withdrawal dan pilih nominal yang akan ditarik, kemudian terakhir pilih sumber dana yang akan digunakan. Biasnaya sumber dananya pilih Saving Account. Udah deh, kalau saldo mencukupi dan PIN benar, maka penarikan bakal segera diproses.

Berapa Biaya Tarik Tunai BCA di Malaysia?

Waktu itu saya tarik tunai di ATM May Bank sebesar 200 Ringgit Malaysia, ketika saya cek di mutasi rekening, saldo yang terdebet dari rekening yaitu sebesar 721.085 rupiah, dan kemudian dikenakan fee penarikan sebesar Rp 25.000.

Tarik Tunai BCA di ATM Malaysia

Jadi biaya tarik tunai ATM BCA di Malaysia yaitu sebesar Rp 25.000, saya sudah mencoba tarik tunai 3 kali di mesin ATM yang berbeda dan biaya nya sama yaitu sebesar Rp 25.000.

Pastinya biaya admin penarikan setiap mesin ATM ataupun Bank bervariatif, masing-masing memiliki kenijakan yang berbeda. Tapi mungkin standar biaya untuk kartu mastercard sekitar Rp 25.000.

Mending Tarik Tunai atau Tukar di Money Changer?

Kalau saya pribadi lebih memilih tarik tunai di ATM menggunakan kartu debit dibanding tukar uang di money changer. Setelah saya hitung-hitung rate tukar mata uang asing di ATM lebih rendah dibanding di money changer, jadinya bisa lebih hemat deh.

Saya sarankan untuk tarik tunai di ATM-ATM umum yang terletak di Bandara ataupun mall-mall, untuk jaga-jaga kalo tidak bisa tarik tunai, maka masih bisa tukar uang ke money changer yang biasanya ada di Bandara atau mall.

Kesimpulan

Kurang lebih begitulah pengalaman saya tarik tunai BCA di Malaysia. Intinya kartu debit apapun bisa digunakan untuk tarik tunai di ATM luar negeri, asalkan mendukung transaksi internasional dan berlogo Visa atau mastercard.

Saya lebih prefer tarik tunai ATM ketika di luar negeri dibanding harus menukar uang ke money changer, pertama karena rate tukar lebih murah, biaya penarikan juga relatif murah dan terakhir jumlah penarikan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat, terkhusus buat Anda yang hendak berpergian ke Malaysia atau luar negeri dalam waktu dekat. Good luck!

 

 

 

Tinggalkan komentar